Powered By Blogger

Cari Blog Ini

Senin, 25 Oktober 2010

menjadikan blog sebagai penghasilan

Hal terpenting yang perlu anda ketahui dalam mengelola blog di dunia maya adalah bahwa layaknya mengelola rumah di dunia nyata, mengelola blog juga memerlukan prinsip dalam hal menggapai keberhasilan dan kesuksesan. Selama ini penulis menjalani prinsip 5 K, yaitu: Kemauan, Kerja keras, Komitmen, Koneksi, dan Kreativitas.

Kemauan yang kuat harus anda miliki sebagai modal utama, karena nantinya anda harus meluangkan waktu setidaknya 1 s.d 4 jam perhari bahkan bisa lebih, untuk merawat Blog anda. Blog ibarat tanaman yang perlu disiram dan diberi pupuk agar dapat tumbuh berkembang dan menghasilkan buah. Karena itu buatlah blog anda seperti pohon yang menghasilkan buah. Kemauan harus menjadi prinsip utama anda agar blog anda benar-benar bernilai harganya.

Kerja keras tentu saja harus anda lakukan, karena kerja keras berbanding lurus dengan hasil yang akan anda terima, tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras. Selain meluangkan waktu anda juga memerlukan tenaga dan pikiran dalam mengelola blog. Anda harus bekerja keras agar blog anda menjadi terkenal dan terbaca oleh orang lain. Indikatornya mudah saja, bila semakin banyak orang yang membaca dan memberikan komentar di blog anda, itu tandanya blog anda sudah mulai tumbuh. Lalu perhatikan jumlah pengunjung yang mengunjungi blog anda. Kemudian lakukan pula kunjungan balasan agar anda pun dapat belajar dari blog orang lain. Pakailah metode ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Diperlukan kerja keras yang fokus bila blog anda ingin ramai pengunjungnya.

Komitmen perlu anda pegang dalam diri anda, mengingat mengelola blog yang anda jalani nantinya tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun memerlukan waktu yang cukup panjang, Menulis di blog memang tak mendapatkan uang tapi setelah anda menuliskan sesuatu yang bermanfaat, akan ada orang lain yang mengambil tulisan anda bahkan saya merasakan sendiri, bila ada media yang mengambil tulisan saya itu dan meminta izin saya untuk diterbitkan dalam tabloid pendidikan. Kalau sudah demikian tanpa terasa uang masuk lewat rekening. Inilah yang disebut rezeki yang tak terduga-duga datangnya. Belum lagi bila ada tawaran mengisi materi dari tulisan yang kita buat, wah akan banyak orang yang mengundang anda untuk menjadi pembicara seminar di tingkat nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar